medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Peranan Agama Dalam Perubahan Iklim

Published in Nasional
Minggu, 16 Agustus 2015 13:45
  • Email
Ilustrasi (Gambar: static6) Ilustrasi (Gambar: static6)

Medialingkungan.com – Terjadinya perubahan iklim membuat sejumlah pemerintah hingga ilmuan melakukan penanganan yang intensif agar mengurangi dampak perubahan iklim yang terjadi di muka bumi. Untuk itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsudin mengungkapkan dengan melalui jalur pendekatan agama penting dalam menanggulangi berbagai persoalan yang terjadi.

“Kenapa melalui jalur agama? Karena hampir seluruh manusia di dunia adalah pemeluk suatu agama oleh karenanya pendekatan agama menjadi penting dalam menyelesaikan persoalan perubahan iklim dan lingkungan,” kata Din Syamsuddin.

Ketu MUI ini mengatakan, kesadaran akan pentingnya pendekatan agama juga sudah disadari oleh dunia internasional dalam beberapa tahun terakhir karena melihat agama memiliki peran besar terutama karena masalah lingkungan ini terkait dengan budaya.

“Pun demikian juga dengan agama,” ujarnya, seperti yang dikabarkan republika, Minggu (16/08).

Tetapi, 'senses of crisis' dari masyarakat nusantara tidak terlalu tinggi sehingga penanganan masalah lingkungan hidup dan perubahan iklim yang membutuhkan kerja sama semua pihak kurang berjalan baik, tuturnya.

“Belum begitu mengena sense of crisis, karena kita kini dininabobokan oleh cuaca yang masih aman-aman saja hingga saat ini. Tapi, kita tidak tahu kedepannya bagaimana,” ucapnya.

Posisi Indonesia memang terasa stabil jika dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang, India, Pakistan atau dan lain sebagainya, namun beberapa waktu belakangan suhu di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup drastis, katanya. (Angga Pratama)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini